Apa itu NOI di Real Estat? Panduan Investor

Salah satu hal terpenting untuk menentukan profitabilitas properti adalah NOI versus jumlah yang diinvestasikan. Tapi apa itu NOI di real estat?

NOI adalah singkatan dari Net Operating Income. NOI adalah metrik yang digunakan oleh investor real estat untuk menghitung seberapa menguntungkan properti investasi potensial. Tidak ada investor yang masuk ke bisnis hanya untuk mencapai titik impas. Umumnya, asumsinya adalah Anda berinvestasi di real estat untuk menghasilkan uang. Untuk alasan ini, Anda harus tahu seberapa menguntungkan potensi investasi sebelum masuk semua.

Daftar isi

Apa itu NOI? Bagaimana Menghitung NOI Kapan NOI Dibutuhkan? Apa Alat Terbaik untuk Menghitung NOI? Cara Meningkatkan NOI Properti

Investasi real estat adalah salah satu bentuk tertua untuk menghasilkan kekayaan, dan masih berlaku sampai sekarang. Itu sebabnya banyak orang terus memasuki pasar real estat. Berinvestasi dalam real estat menawarkan banyak keuntungan, termasuk menikmati sumber penghasilan tambahan yang menghasilkan arus kas positif.

Pada artikel ini, kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan sebelumnya: apa itu NOI dalam investasi real estat? Setelah itu, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghitung NOI properti sewaan Anda untuk memastikan bahwa Anda dapat memperoleh keuntungan darinya dan tidak berakhir dengan kerugian. Kemudian, kami akan menunjukkan alat terbaik untuk menghitung NOI properti investasi Anda.

Apa itu NOI?

NOI adalah kependekan dari pendapatan operasional bersih. Ini adalah metrik keuangan real estat yang digunakan untuk memeriksa apakah sebuah properti layak untuk diinvestasikan atau tidak. Ini terutama digunakan untuk menentukan potensi penghasil pendapatan properti subjek.

Jika dihitung dengan benar, NOI dapat menjadi cara yang baik untuk membandingkan properti yang berbeda. Artinya, ketika Anda ingin membeli properti sewaan dan dihadapkan pada pilihan antara dua atau lebih, NOI properti dapat membantu Anda membuat keputusan dengan mudah.

Sebagai seorang investor, metrik dapat membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang akan dihasilkan oleh properti investasi potensial bagi Anda. Selain itu, NOI memberi tahu Anda berapa biaya untuk mengoperasikan properti. Sementara NOI dihitung setiap tahun, Anda dapat membagi angka tahunan dengan 12 untuk melihat apa yang Anda dapatkan setiap bulan.

Sederhananya, NOI adalah metrik yang memberi tahu Anda apakah sebuah properti layak untuk dibelanjakan atau tidak.

Menghitung NOI suatu properti itu sederhana. Cukup kurangi biaya operasional properti dari total pendapatan yang dihasilkan oleh properti. Seperti disebutkan sebelumnya, Anda dapat menghitung angka tahunan atau bulanan, tergantung pada preferensi Anda.

Kami akan membahas cara menghitung NOI properti di bagian berikut.

Terkait: Cara Menemukan Properti Investasi yang Baik

Cara Menghitung NOI

Sangat mudah untuk menghitung NOI sebuah properti. Gunakan rumus di bawah ini:

Pendapatan Operasional Bersih (NOI) = Total Pendapatan – Biaya Operasional

Pendapatan total adalah semua pendapatan yang dihasilkan oleh properti. Bergantung pada penggunaan dan pengaturan properti, beberapa pendapatan termasuk biaya parkir, layanan laundry, dan sewa penyimpanan.

Biaya operasional menunjukkan jumlah biaya untuk mengoperasikan properti dan menjaga agar bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar. Bergantung pada penggunaan Anda atas properti dan bagaimana Anda mengaturnya, biaya mungkin termasuk tagihan utilitas, biaya pengelolaan properti, asuransi, pajak properti, perbaikan, dan pemeliharaan.

Contoh

Berikut adalah contoh bagaimana Anda dapat menghitung NOI properti subjek:

Total pendapatan

Katakanlah Anda adalah pemilik gedung apartemen 10 unit. Properti menghasilkan pendapatan sewa bulanan $1.000 untuk setiap unit. Ini memberi Anda total pendapatan bulanan sebesar $10.000 (10 unit x $1.000 per unit). Artinya, properti tersebut dapat menghasilkan $120.000 per tahun (10 unit x $1.000 per unit x 12 bulan).

Biaya operasional

Sekarang, mari kita asumsikan bahwa properti tersebut mengeluarkan total $40.000 dalam biaya operasional tahunan. Itu sudah mencakup semua biaya yang terkait dengan menjalankan bisnis properti sewaan. Itu termasuk pajak properti, perlindungan asuransi, utilitas, biaya pemeliharaan dan perbaikan, dan biaya manajemen properti.

Pendapatan Operasional Bersih

Dengan menggunakan contoh di atas, mari cari tahu apa itu NOI untuk apartemen 10 unit Anda.

Untuk menghitung pendapatan operasional bersih (NOI), Anda perlu mengurangi biaya operasional ($40.000) dari total pendapatan ($120.000):

NOI = $120.000 – $40.000

NOI = $80.000

Seperti yang Anda lihat, NOI untuk gedung apartemen Anda adalah $80.000 per tahun. Artinya, setelah membayar biaya operasional properti Anda, Anda akan mendapat laba $80.000 per tahun.

Seperti yang Anda lihat, persamaan sederhana memudahkan untuk menjawab pertanyaan tentang apa itu NOI dari sebuah properti. Ketahui saja dua angka dasar itu – pendapatan dan biaya – dan Anda akan baik-baik saja.

Kapan NOI Dibutuhkan?

Setelah menjawab pertanyaan tentang apa itu NOI dan menunjukkan kepada Anda contoh penghitungan NOI properti, sekarang kami akan menunjukkan kepada Anda kapan metrik ini diperlukan.

Berikut adalah tiga situasi di mana NOI properti diperlukan:

1. Penilaian Properti

Penilaian properti didefinisikan sebagai pendapat profesional tentang nilai properti sewaan. Menilai properti adalah hal biasa dalam real estat karena transaksi sering terjadi. Ini biasanya dilakukan oleh penilai real estat profesional.

Saat melakukan penilaian properti, siapa pun yang melihat properti tersebut akan membutuhkan NOI-nya untuk memberikan perkiraan yang akurat tentang nilai properti tersebut.

Anda dapat dengan mudah memperkirakan nilai properti dengan membagi NOI-nya dengan tingkat kapitalisasi, yang merupakan kependekan dari tingkat kapitalisasi.

Terkait: Investasi Real Estat untuk Pemula: Cara Menghitung Cap Rate

2. Analisis Investasi

NOI properti juga diperlukan saat Anda ingin menganalisis seberapa menguntungkan potensi investasi real estat.

Anda hanya perlu membandingkan NOI properti dengan harga pembeliannya. Ketika Anda melakukannya, Anda dapat secara akurat memperkirakan apakah properti tertentu merupakan investasi yang baik atau tidak.

Anda juga dapat menggunakan aturan 2% untuk mengevaluasi profitabilitas properti.

Aturan 2% adalah aturan praktis yang menyatakan bahwa agar properti sewaan menguntungkan, ia harus menghasilkan pendapatan minimal 2% dari harga pembeliannya. Ini bukan aturan yang keras dan cepat dan mungkin digunakan atau tidak, tetapi ini adalah sesuatu yang perlu diingat sebagai investor.

3. Keputusan Pinjaman

Pemberi pinjaman menggunakan NOI dari properti sewaan untuk menentukan apakah mereka akan meminjamkan uang mereka atau tidak. Seperti disebutkan di atas, NOI adalah jumlah uang tunai yang dihasilkan properti setelah menghapus semua biaya yang terkait dengan properti tersebut.

Karena itu, jika pemberi pinjaman menghitung NOI sebuah properti dan menyadari bahwa NOI adalah angka negatif, kemungkinan mereka akan meminjamkan uang kepada Anda sangatlah kecil.

Oleh karena itu, NOI menunjukkan seberapa banyak pemberi pinjaman bersedia meminjamkan kepada peminjam. Semakin tinggi NOI, semakin besar kemungkinan properti tersebut menghasilkan cukup uang bagi Anda untuk membayar kembali pinjaman. Ini berarti bahwa NOI yang lebih tinggi mengarah pada kemungkinan pemberi pinjaman yang lebih besar yang memungkinkan Anda untuk meminjam uang.

Kami telah menjawab pertanyaan tentang apa itu NOI, plus bagaimana cara menghitung NOI sebuah properti. Kami juga telah membahas kapan NOI dibutuhkan. Sekarang, kami akan menunjukkan kepada Anda alat terbaik untuk menghitung NOI dari properti real estat.

Alat terbaik untuk menghitung NOI properti real estat adalah kalkulator Mashvisor. Ini adalah alat pasar real estat yang kuat untuk investor berpengalaman dan pemula. Kalkulator menggunakan data yang bersumber dari situs web bereputasi tinggi untuk memastikan Anda membuat keputusan yang tepat mengenai properti investasi potensial.

Salah satu fitur terbaik kalkulator adalah fitur analisis lingkungan, yang memberi investor data mendalam tentang lingkungan pilihan mereka. Selain itu, alat tersebut mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi properti, tingkat hunian, cash on cash return, dan pendapatan sewa yang diambil dari perusahaan persewaan.

Basis data Mashvisor diperbarui secara berkala untuk memastikan bahwa pengguna hanya mendapatkan data yang sangat akurat, memberi mereka hasil yang sangat realistis saat mereka membuat proyeksi ROI dan perhitungan pendapatan.

Kalkulator Mashvisor juga memberi investor berbagai alat yang digunakan untuk menganalisis properti sewaan. Anda dapat menggunakan alat untuk menghitung NOI dari properti sewaan potensial dan membandingkannya dengan properti sewaan lainnya.

Dengan kalkulator, Anda tidak hanya menentukan NOI suatu properti, tetapi Anda juga dapat memilih lokasi dan lingkungan terbaik untuk berinvestasi. Selain itu, harganya terjangkau. Anda dapat mencobanya terlebih dahulu sebelum melakukan.

Mulai uji coba gratis 7 hari Anda dengan kalkulator Mashvisor untuk menentukan NOI properti secara akurat.

Kalkulator Mashvisor adalah alat berharga yang dapat digunakan investor real estat untuk menghitung NOI suatu properti.

Cara Meningkatkan NOI Properti

Sekarang, mari kita bicara tentang cara meningkatkan NOI properti investasi Anda.

Beberapa investor, terutama pemula, membuat kesalahan dengan membeli properti investasi sebelum menghitung NOI-nya. Namun, tidak perlu panik. Masalahnya dapat dengan mudah diperbaiki.

Jika Anda sudah memiliki properti dan NOI-nya tidak setinggi yang Anda kira, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk memperbaikinya.

1. Mengurangi Biaya Operasional

Mungkin cara terbaik untuk memunculkan NOI properti Anda adalah dengan meminimalkan biaya operasional Anda. Menurunkan pengeluaran Anda akan memberi Anda lebih banyak ruang gerak untuk keuangan Anda dan memberi Anda peningkatan yang signifikan dalam tabungan Anda yang menghasilkan peningkatan NOI. Lagi pula, satu sen yang dihemat adalah satu sen yang diperoleh.

Ada beberapa cara untuk melakukannya. Salah satunya, Anda bisa menurunkan tagihan listrik dengan menggunakan tenaga surya sebagai sumber listrik alternatif. Selain itu, jika Anda bekerja dengan perusahaan pengelola properti, pertimbangkan untuk mengevaluasi kembali apakah layanan mereka sepadan. Anda dapat menemukan yang lebih terjangkau yang memberikan layanan yang lebih baik.

Terkait: 7 Perusahaan Manajemen Properti Airbnb Teratas di tahun 2023

2. Tingkatkan Sewa

Dengan mudah, hal pertama yang dilakukan investor ketika mencoba meningkatkan NOI properti mereka adalah menaikkan tarif sewa. Namun, kami menyarankan agar Anda melakukannya dengan hati-hati karena penyewa tidak terlalu senang dengan kenaikan sewa. Itulah mengapa cara terbaik untuk melakukannya dengan cara yang tidak akan membuat penyewa Anda keberatan adalah dengan menggunakan alat penetapan harga dinamis Mashvisor.

Tetapi jika Anda ingin meningkatkan sewa Anda dengan resistensi minimal, Anda dapat meningkatkan properti Anda. Perhatikan baik-baik rumah sewaan Anda dan temukan area di mana Anda dapat menambahkan pembaruan, seperti dapur, sehingga Anda dapat membenarkan kenaikan harga. Penyewa Anda mungkin tidak puas pada awalnya, tetapi begitu mereka melihat peningkatannya, mereka akhirnya tidak keberatan dengan kenaikan harga.

Taktik lain yang dapat Anda gunakan untuk membenarkan kenaikan sewa adalah dengan meningkatkan layanan pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan Anda akan merasa seperti mendapatkan uang mereka, bahkan jika mereka harus membayar lebih sedikit.

3. Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang ekstra dengan properti sewaan Anda untuk meningkatkan NOI-nya. Anda dapat mengenakan biaya untuk parkir, menambahkan sedikit sewa ekstra untuk hewan peliharaan, atau bahkan menyediakan layanan tambahan seperti menjalankan tugas untuk mendapatkan uang ekstra. Anda juga bisa menyewa jasa kebersihan untuk membersihkan properti setiap hari.

Tetapi pastikan jumlah yang Anda bayarkan untuk layanan pembersihan ditambahkan ke pendapatan sewa, ditambah lagi. Dengan semua pengaya tersebut, penyewa tidak akan keberatan jika mereka membayar sedikit ekstra.

Intinya ada banyak cara untuk meningkatkan NOI properti sewaan Anda. Jadilah inovatif. Anda pasti akan memikirkan sesuatu.

Pikiran Final tentang NOI

Kesimpulannya, NOI adalah metrik yang digunakan investor real estat untuk menghitung profitabilitas properti sewaan. Jika Anda ingin menjadi investor real estat dan pemilik properti sewaan yang sukses, jangan abaikan metriknya. Itu bisa mengeja perbedaan antara memiliki properti yang menghasilkan uang bagi Anda dan memiliki properti yang akan menghabiskan semua sumber daya Anda.

Kami harap kami menjawab pertanyaan tentang apa itu NOI dengan artikel ini. Kami harap Anda merasa terbantu dengan mengetahui cara menghitung NOI dari setiap properti sewaan. Anda diperlihatkan berbagai skenario di mana NOI properti diperlukan dan alat terbaik untuk menghitung NOI properti real estat.

Setelah membaca artikel ini, Anda seharusnya dapat memahami apa itu NOI, dan Anda harus mengetahui cara menghitung NOI dari salah satu properti Anda tanpa bantuan penilai. Plus, Anda harus belajar kapan tepatnya Anda perlu melakukan perhitungan. Namun, jika Anda ingin mempermudah proses mendapatkan properti yang menguntungkan, gunakan kalkulator Mashvisor.

Mashvisor dapat membantu tuan rumah dan investor Airbnb berhasil mengelola properti mereka dengan menyediakan alat real estat terbaik agar investasi mereka menguntungkan. Alat tersebut termasuk Pencari Properti, Pencari Pasar, peta panas, dan alat harga dinamis. Gunakan mereka dan saksikan karier Anda sebagai investor real estat melambung tinggi.

Jadwalkan demo dengan Mashvisor dan dapatkan akses ke alatnya dan tingkatkan kesuksesan Anda sebagai investor.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *