Mengapa Bisnis Real Estat Anda Membutuhkan CRM

Ingin membuka potensi penuh bisnis real estat Anda? Maka tidak perlu mencari lagi selain sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM).

Terdiri dari fitur dan kemampuan canggih, CRM dapat mengubah cara Anda mengelola interaksi klien, merampingkan komunikasi, dan mengatur data Anda. Apakah Anda band satu orang atau dengan tim yang tersebar di seluruh dunia, dengan menggabungkannya ke dalam operasi bisnis Anda, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada saat yang sama, Anda juga dapat meningkatkan hasil investasi real estat.

Mari jelajahi mengapa bisnis real estat Anda membutuhkan CRM.

Manfaat Menggunakan CRM dalam Bisnis Real Estate

Ada banyak alasan mengapa bisnis real estat Anda membutuhkan CRM. Kami akan mulai dengan menyoroti manfaat utamanya di sini.

Peningkatan Organisasi dan Efisiensi

Agen real estat berurusan dengan banyak detail yang rumit, sehingga sangat sulit untuk mengingat setiap persetujuan pinjaman, penawaran balik, atau zona sekolah pilihan. Sistem CRM dapat menanganinya dan lebih banyak lagi, memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengatur semua dokumen, catatan, dan komunikasi penting Anda di satu lokasi terpusat.

Ucapkan selamat tinggal pada spreadsheet yang tersebar, utas email, dan dokumen kertas. Saat Anda memiliki pendekatan terpadu terhadap data, Anda menghilangkan kebutuhan akan pencatatan manual di berbagai platform. Keuntungan besar dari sistem CRM adalah mereka juga dapat digabungkan dengan alat lain untuk membantu Anda tetap di atas segalanya.

Menggabungkan sistem bisa sangat berguna jika Anda juga mengelola beberapa proyek pengembangan baru di negara lain. Untuk proyek-proyek jauh yang menguntungkan di London, Anda dapat mengintegrasikan data CRM Anda dengan perangkat lunak ERP konstruksi spesialis Inggris. Ini akan memungkinkan Anda untuk memantau kemajuan dan juga membuat keputusan keuangan yang lebih baik berdasarkan data pelanggan Anda di pasar tersebut.

Apakah Anda sedang mengelola proyek pengembangan besar seperti di atas atau sesuatu yang lebih kecil dan lebih dekat ke rumah, sistem CRM akan membantu Anda mengelola setiap detail dan mengatur semuanya. Anda kemudian dapat membuat keputusan yang lebih tepat berdasarkan data yang ada.

Manajemen Prospek yang Ditingkatkan

Kelola dan lacak prospek bisnis Anda secara efektif selama proses penjualan dengan CRM yang kuat. Baik Anda menerima prospek melalui situs web, media sosial, atau saluran lainnya, CRM memungkinkan Anda untuk memasukkan dan mengatur detail tersebut secara terstruktur. Dengan cara ini, setiap prospek dicatat dan disimpan di dalamnya untuk memudahkan akses, sehingga tidak ada prospek yang hilang atau terlewatkan yang perlu dikhawatirkan.

Terlebih lagi, Anda dapat melacak progres dan status setiap lead secara real-time. Anda juga dapat mengategorikannya berdasarkan tahapan proses penjualannya, seperti “prospek baru”, “prospek yang memenuhi syarat”, atau “tahap negosiasi”.

Dengan memperbarui status prospek mereka dalam CRM Anda, Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang alur Anda dan dapat memprioritaskan upaya Anda sesuai dengan itu.

Pilih untuk menyegmentasikan prospek Anda berdasarkan berbagai kriteria, seperti demografi, minat, atau preferensi pembelian. Mengizinkan Anda menyesuaikan upaya pemasaran dan komunikasi khusus untuk setiap grup meningkatkan relevansi dan efektivitas jangkauan Anda.

Tetapkan pengingat, buat daftar tugas, dan jadwalkan janji temu dalam CRM Anda. Tingkat organisasi seperti itu memastikan bahwa Anda tetap berada di atas prospek Anda dan tidak pernah melewatkan interaksi atau tenggat waktu yang penting.

Komunikasi yang Efisien

Dengan CRM, Anda dapat memusatkan semua komunikasi klien di satu tempat dengan catatan interaksi yang komprehensif di ujung jari Anda. Akses mudah ke percakapan sebelumnya ini memungkinkan Anda menemukan detail penting dengan cepat, menyegarkan ingatan Anda, dan memberikan tanggapan yang lebih dipersonalisasi dan diinformasikan kepada klien.

Anda dapat tetap teratur dengan mengelola email, panggilan, dan pesan dalam CRM Anda untuk memfasilitasi kolaborasi yang lancar di antara anggota tim. Anggota tim dapat melihat dan berkontribusi pada percakapan klien, memastikan semua orang memiliki pemahaman yang sama.

Di era kerja jarak jauh, berkolaborasi dengan mulus dan efisien menjadi semakin penting. Anda pasti ingin memastikan tim Inggris, AS, dan Australia Anda tetap berada di halaman yang sama.

Analisis dan Pelaporan Data yang Lebih Baik

CRM juga memungkinkan Anda untuk melacak dan menyimpan berbagai data yang terkait dengan bisnis real estat Anda. Ini mencakup informasi klien, detail properti, sumber prospek, riwayat transaksi, dan banyak lagi. Dengan menangkap dan mengatur data ini dalam CRM, Anda memiliki kumpulan data komprehensif untuk menganalisis dan mendapatkan wawasan.

Anda dapat melacak metrik utama untuk mengevaluasi kinerja bisnis real estat Anda dan memaksimalkan penjualan real estat Anda. Ini mungkin termasuk tingkat konversi prospek, waktu rata-rata untuk menutup transaksi, biaya akuisisi klien, dan pendapatan total. Pendekatan seperti itu berarti Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi area untuk perbaikan, mengukur efektivitas strategi Anda, dan membuat keputusan berdasarkan data.

Peningkatan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Berikan layanan pelanggan yang luar biasa dengan memiliki akses ke profil klien yang komprehensif untuk setiap klien (termasuk informasi kontak, preferensi, riwayat pembelian, dan catatan komunikasi mereka). Memiliki semua data ini di satu tempat memungkinkan Anda memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang pelanggan dan kebutuhan mereka.

Pendekatan yang dipersonalisasi dalam bisnis real estat Anda akan menunjukkan kepada klien Anda bahwa Anda menghargai kebutuhan individu mereka dan mempromosikan pembangunan kepercayaan dan loyalitas.

CRM juga memungkinkan Anda untuk menanggapi pertanyaan secara tepat waktu, apakah itu menjawab pertanyaan tentang properti, memberikan informasi terbaru tentang transaksi, atau menangani masalah.

Setiap masalah yang muncul dapat ditangani dengan segera. Dengan melacak keluhan yang diterima, Anda dapat mengambil tindakan cepat untuk menyelesaikan masalah dan bersikap proaktif dalam menangani masalah tersebut. Ini menunjukkan komitmen Anda terhadap kepuasan pelanggan dan membantu Anda membangun reputasi positif untuk bisnis Anda.

Memilih CRM yang Tepat untuk Bisnis Real Estate Anda

Saat memilih sistem CRM untuk bisnis real estat Anda, penting untuk mempertimbangkan faktor spesifik tertentu untuk memastikan Anda memilih solusi yang tepat.

Identifikasi Kebutuhan Bisnis Anda

Mulailah dengan mengevaluasi proses bisnis dan alur kerja Anda saat ini. Identifikasi area di mana Anda menghadapi tantangan. Ini dapat mencakup manajemen prospek, organisasi kontak, pelacakan komunikasi, manajemen tugas, atau aspek lain apa pun dari operasi real estat Anda. Memahami poin rasa sakit Anda akan membantu Anda mengidentifikasi fitur dan fungsi yang Anda butuhkan dalam CRM.

Selanjutnya, tentukan tujuan spesifik yang ingin Anda capai. Misalnya, Anda mungkin ingin merampingkan manajemen prospek, meningkatkan layanan pelanggan, meningkatkan produktivitas penjualan, atau membuat laporan berwawasan untuk pengambilan keputusan.

Pertimbangkan pertumbuhan dan skalabilitas masa depan bisnis real estat Anda. Nilailah apakah CRM yang Anda pilih dapat mengakomodasi ekspansi bisnis potensial dan menangani peningkatan volume prospek, kontak, dan transaksi.

Terakhir, putuskan apakah Anda memerlukan akses seluler ke sistem baru Anda. Para profesional real estat sering bepergian, jadi memiliki CRM yang menawarkan aplikasi seluler atau akses web responsif sangat ideal. Ini berarti Anda dapat mengakses informasi penting, memperbarui catatan, dan berkomunikasi dengan klien saat bepergian.

Pertimbangkan Anggaran Anda

Selanjutnya, tentukan anggaran Anda untuk CRM dan pertimbangkan biaya yang terkait dengan penerapan dan pemeliharaan sistem. Bandingkan model penetapan harga dari berbagai penyedia CRM, termasuk biaya penyiapan, langganan bulanan atau tahunan, dan biaya tambahan untuk fitur tambahan. Anda mungkin juga harus membayar biaya penyiapan.

Beberapa biaya penyiapan umum mencakup migrasi data, penyesuaian, dan biaya pelatihan. Beberapa penyedia CRM menawarkan layanan implementasi sebagai bagian dari paket mereka, sementara yang lain membebankan biaya tambahan untuk mereka. Ingatlah untuk menyeimbangkan biaya dengan nilai dan fitur yang ditawarkan perangkat lunak.

Saat Anda menilai anggaran Anda, pertimbangkan ROI yang akan disediakan oleh CRM baru. Dampak positif berpotensi mencakup peningkatan produktivitas, peningkatan manajemen prospek, peningkatan layanan pelanggan, dan tingkat konversi penjualan yang lebih tinggi. Jadi, ingat, CRM dapat menghasilkan pertumbuhan yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Teliti Opsi CRM

Mulai riset Anda dengan menjelajahi CRM yang melayani industri real estate. Kunjungi situs web mereka untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang penawaran, fitur, dan harga mereka. Kemudian, pertimbangkan juga kebutuhan spesifik Anda. Di mana listingan Anda berbasis? Apakah ada mata uang yang berbeda untuk dipertimbangkan? Berapa banyak anggota tim yang memerlukan akses ke perangkat lunak?

Platform CRM spesialis sering dilengkapi dengan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan unik industri real estat, seperti manajemen properti, integrasi MLS (layanan daftar berganda), dan manajemen transaksi.

Penting untuk menilai apakah solusi khusus ini menyediakan fungsionalitas yang Anda perlukan. Untuk melakukannya, carilah sistem yang bisa Anda coba secara gratis untuk jangka waktu tertentu. Manfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan pengalaman langsung dan uji fitur yang relevan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Evaluasi Penyedia CRM

Selanjutnya, pastikan Anda mengidentifikasi penyedia CRM terkemuka yang menawarkan solusi yang disesuaikan dengan industri real estat. Carilah perusahaan mapan dengan rekam jejak dalam melayani profesional real estat dan ulasan pelanggan yang positif.

Selain itu, jelajahi langkah-langkah keamanan yang mereka gunakan untuk melindungi data Anda. Anda ingin melihat fitur seperti enkripsi data, pencadangan reguler, dan kepatuhan terhadap standar industri.

Pertimbangkan Kustomisasi dan Integrasi

Saat mengevaluasi antarmuka pengguna, kemudahan penggunaan, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan, ingatlah untuk memeriksa apakah produk terintegrasi dengan mulus dengan penyedia layanan email, formulir situs web, perangkat lunak otomasi pemasaran, platform daftar properti, dan sistem lain yang Anda andalkan.

Ini juga layak dipertimbangkan bagaimana Anda dapat memasukkan data keuangan Anda ke dalam sistem CRM Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini bisa sangat berguna ketika datang ke proyek pengembangan yang lebih besar, terutama ketika mereka sedikit lebih jauh.

Jika tim pengembangan Anda di London menggunakan perangkat lunak akuntansi khusus yang berbasis di Inggris untuk pembangun, maka Anda ingin memastikan bahwa Anda dapat memanfaatkan data tersebut dalam sistem CRM Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat arus kas Anda dan memperkirakan poin harga secara akurat. Anda dapat mengetahui jumlah anggaran yang tersisa untuk kegiatan penjualan dan promosi.

Kuncinya adalah mempertimbangkan proyek Anda secara keseluruhan, dengan siapa Anda akan berkomunikasi, dan informasi apa yang berguna bagi mereka. Dari sini, Anda akan memiliki gagasan bagus tentang integrasi dan penyesuaian apa yang akan berguna bagi bisnis Anda dan apa yang harus diwaspadai.

Mengapa Bisnis Real Estat Anda Membutuhkan CRM: Intinya

Apakah Anda baru memulai di real estat atau investor berpengalaman, CRM akan memberi Anda kekuatan untuk mendorong efisiensi di seluruh bisnis Anda dan memaksimalkan peluang untuk sukses. Alat yang harus dimiliki ini menghilangkan pencatatan manual dan meningkatkan organisasi keseluruhan untuk operasi real estat Anda.

Dengan memanfaatkan kekuatan CRM, Anda dapat membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Anda dapat merampingkan upaya komunikasi Anda, mendapatkan data berharga dan wawasan klien, serta menangkap dan mengelola prospek secara efektif. Terakhir, Anda dapat memprioritaskan tindak lanjut dalam industri yang semakin kompetitif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *